Beranda Tekno Bahaya Bermain Tiktok Bagi Anak, Predator Mengintai

Bahaya Bermain Tiktok Bagi Anak, Predator Mengintai

75
0
Bahaya bermain tiktok bagi anak

CAFEBERITA.COM – Janji TikTok memblokir akun para predator anak hingga kini belum juga dilakukan. Bahaya bermain Tiktok bagi anak kita kian meresahkan.

Tim investigasi BBC menemukan masih adanya akun predator anak yang hingga kini belum juga diblokir.

Padahal pihak Tiktok sebelumnya mengatakan, mereka akan memblokir akun para predator ini “tanpa toleransi”.

Namun kenyataanya masih saja ada akun yang diduga predator anak yang masih aktif dan hal ini terungkap ketika seorang gadis berusia 14 tahun melaporkan seorang pria dewasa yang mengirimkan pesan tak senonoh kepada dirinya.

Pihak Tiktok pun menimpali akan pesan tersebut. Menurut mereka hal tersebut tidak mereka blokir karena si-remaja tersebut tidak melakukan intervensi atau dalam hal ini melaporkan akun tersebut.

Tiktok
Source: BBC.COM

“Kami memiliki kewajiban untuk menghormati privasi pengguna kami,” katanya dilansir dari BBC (02/10/2020).

Atas kejadian ini, sejumlah pemerhati anak meminta agar kiranya para orang tua perlu mewaspadai bahaya bermain Tiktok ini. Jika perlu, jangan membiarkan anak-anak mereka menggunakan TikTok.

“TikTok menyenangkan, dan saya pikir setiap kali seseorang bersenang-senang, mereka tidak mengenali bahayanya,” kata Lorin LaFave, pendiri Breck Foundation.

Kelemahan Tiktok

Bahaya bermain tiktok bagi anak
BBC.COM

TikTok memang tidak mengizinkan seseorang membuat akun apabila masih berusia di bawah 16 tahun. Tetapi, banyak dari para pengguna dengan mengakali tanggal lahir saat mendaftar atau membuat akun.

Salah satu contohnya, ketika tim investigasi BBC menemukan seorang gadis yang baru berusia 23 tahun dalam deskripsi biografinya padahal pada kenyataaanya dia adalah seseorang yang berusia 34 tahun.

Fotonya pun diedit agar tampak lebih tua melalui perangkat lunak pengedit foto untuk membuatnya terlihat lebih muda.

Sejauh ini pihak Tiktor menegaskan, bila hal tersebut memang dicurigai maka mereka menawarkan fitur privasi untuk membantu orang tua menghindari masalah tersebut.

“Kami menawarkan kepada semua pengguna kami kontrol tingkat tinggi atas siapa yang dapat melihat dan berinteraksi dengan konten yang mereka posting,” kata Moderator TikTok.

“Pengaturan privasi ini dapat disetel di tingkat akun atau berdasarkan video demi video.” (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here