Beranda Tekno Bahasa Pemrograman Web, Jenis, Fungsi dan Keunggulannya

Bahasa Pemrograman Web, Jenis, Fungsi dan Keunggulannya

20
0
Bahasa Pemrograman Web, Jenis, Fungsi dan Keunggulannya

Bahasa pemrograman web sangat penting untuk diketahui bagi seorang developer. Terlebih apa jenis dan fungsinya.

Pasalnya, bahasa pemrograman adalah entitas yang sangat bermanfaat bila ia seorang developer ketika hendak mengembangkan sebuah aplikasi atau software.

Bahasa pemrograman ini biasanya ditampilkan dalam serangkaian kata-kata. Terbagi atas beberapa baris dan dibuat sedemikian rupa agar perangkat lunak bisa memahaminya.

Bagi seorang pengembang aplikasi atau software, tentunya ini sangat perlu dipahami juga dimengerti penggunaannya. Tentunya, ini agar aplikasi yang dibuat tersebut bisa digunakan oleh para pengguna.

Begitu pula agar tampilan dari aplikasi yang telah dibuat tersebut, bisa memberikan tampilan yang bisa dimengerti dan dipahami oleh para pemakainya.

Meski begitu, bukan hal mudah untuk memahami jenis-jenis dari bahasa pemrograman web tersebut. Seseorang harus betul-betul mempelajarinya.

Selain karena, ada beberapa jenis. Fungsi atau kegunaannya pun berbeda-beda. Tergantung dari aplikasi apa yang hendak kita bangun.

Seperti di bawah ini, ada beberapa jenis bahasa pemrograman web yang sudah tak asing lagi bagi seorang developer. Jenis ini sangat populer.

Jenis Bahasa Program Web

1. Java

Jenis bahasa pemrograman yang paling akrab di telinga adalah Java. Ini adalah yang paling umum digunakan seorang pengembang aplikasi.

Keunggulan menggunakan bahasa pemrograman satu ini adalah karena bisa dipakai di berbagai platform. Berbeda dengan lainnya.

Keunggulan lainnya, Java lebih gampang dipakai oleh developer dalam membuat atau memberikan output secara maksimal.

Fungsinya tak jauh berbeda dengan pemrograman lainnya. Yakni untuk memudahkan dalam menata platform yang sedang dibuat.

2. Bahasa C

Bahasa pemrograman yang paling pertama kali dipakai adalah Bahasa C. Program ini sudah dipakai sekitar tahun 1970-an.

Bahasa pemrograman web satu ini sering diajarkan di perguruan tinggi. Begitu pula di tempat kursus.

Program satu ini adalah bahasa dasar yang sering dipakai pada berbagai konteks pemrograman. Keunggulannya, mudah digunakan.

3. PHP

Hypertext Pre-Processor atau biasa disingkat PHP. Program web satu ini keunggulannya karena gratis.

Namun terlepas dari hal tersebut, di kalangan developer web di Indonesia, program satu ini sangat banyak dipakai.

Fungsi utamanya adalah untuk membangun website bisnis atau marketplace yang sifatnya lebih besar dan skala yang lebih luas.

4. Visual Basic

Program Web berikutnya yaitu dari Microsoft. Namanya Visual Basic.

Kelebihan program ini karena memiliki IDE Visual dalam pembuatan software dan banyak dipakai pada basis sitem operasi Windows.

5. Phyton

Berikutnya adalah Phyton. Program satu ini banyak dipakai oleh kalangan profesional.

Program ini tidak begitu populer dipakai bagi seseorang yang baru belajar pemrograman. Pasalnya bahasa pemrogramannya cukup rumit.

Meski begitu, bukan berarti sulit dipahami. Sebab, pembacaannya menggunakan syntax.

Program Phyton ini pada umumnya dipakai oleh perusahaan besar. Fungsinya untuk mendesain seperti Instagram, Pinterest dan Google.

6. C++

Selanjutnya yang tak kalah hebatnya adalah program web yang diberi nama C++. Ini adalah bahasa yang dikembangkan dari bahasa C.

Perbedaan keduanya, tentunya pada penyelesaian masalah dalam memproses sebuah platform. Fungsinya tak jauh berbeda, dalam hal ini mengurai project tersebut.

Yakni bila pada bahasa C masalah diselesaikan dengan pembagian ke dalam sub masalah yang lebih kecil, maka C++ menyelesaikan masalah dengan pembagian ke dalam kelas-kelas tertentu dalam arti lebih cepat dan efektif.

7. JavaScript

JavaScript sudah ada sejak tahun 1994. Kala itu internet dan web mulai berkembang pesat.

Kala itu, Website dibuat dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman PERL yang pemrosesannya dilakukan di sisi web server.

Kelebihan Javascript ini yakni mampu mengembangkan website. Fungsinya agar web yang dibangun bisa lebih menarik dan interaktif. Software ini tujuan utamanya memang dibuat untuk membuat website.

Nah, Itulah beberapa jenis dan fungsi bahasa program web yang cukup populer dipakai oleh para developer. Setiap software tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Bagi seorang developer profesional tentunya akan sangat paham, bahasa program mana yang kiranya harus digunakan dalam mengembangkan sebuah platform. Utamanya karena faktor sesuai kebutuhan.

Hal ini, tentunya tak lain agar bisa memberikan performa yang apik pada aplikasi atau software yang sedang dibangun dan tentunya memberikan kepada para pelanggan setianya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here