5 Aplikasi Membuat Animasi Bergerak pada Perangkat Android dan iOS dari Gratis hingga Berbayar

Aplikasi mem­bu­at ani­masi berg­er­ak - Men­cip­takan atau mem­bu­at sket­sa, ani­masi, dan sto­ry­board meng­gu­nakan smart­phone dap­at dilakukan den­gan mudah oleh para kreator kon­ten di plat­form YouTube Short, Insta­gram Reels, atau Tik­Tok Cre­ator Fund. Berba­gai aplikasi untuk mem­bu­at ani­masi berg­er­ak telah terse­dia di Play Store dan App Store.

Kamu dap­at men­gun­duh dan men­gin­stal aplikasi terse­but tan­pa per­lu khawatir ten­tang pem­bu­atan lim­bah ker­tas yang tidak bergu­na.

Berikut adalah daf­tar aplikasi pem­bu­at ani­masi yang banyak diun­duh oleh peng­gu­na Android dan iOS.

5 Aplikasi Membuat Animasi Bergerak pada Perangkat Android dan iOS dari Gratis hingga Berbayar

1. FlipaClip — Aplikasi Membuat Animasi Kartun

Apa­bi­la kamu ter­tarik untuk mem­bu­at ani­masi kar­tun atau karak­ter ani­me, Fli­pa­Clip adalah pil­i­han yang tepat. Aplikasi ini menawarkan semua keung­gu­lan teknolo­gi ani­masi mod­ern namun den­gan nuansa jadul.

Kamu dap­at mem­bu­at video den­gan meng­gu­nakan hing­ga tiga lay­er ani­masi secara gratis. Untuk men­gak­ses hing­ga 10 lay­er, kamu dap­at men­gup­grade ke ver­si pro. Fli­pa­Clip juga menye­di­akan fitur Onion skin yang memu­dahkan pem­bu­atan banyak bingkai sekali­gus. Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah kemam­puan­nya untuk mem­bu­at kar­tun dari sket­sa den­gan gaya flip­book.

Fitur Terbaik di FlipaClip:

  • Uku­ran kan­vas hing­ga 1920×1920
  • Out­put dalam for­mat MP4 atau GIF
  • Dap­at dibagikan lang­sung di media sosial seper­ti Tik­Tok, YouTube, Insta­gram, Face­book, atau Tum­blr
  • Terse­dia ver­si gratis dan berba­yar

Down­load di Play store Uku­ran 60 MB

2. PicsArt Animator — Aplikasi untuk GIF & Video PicsArt

Ani­ma­tor memu­ngkinkan Anda mem­bu­at kar­tun dan ani­masi indah den­gan cepat di perangkat seluler. Aplikasi ini menye­di­akan fitur dup­likasi bingkai, stik­er ani­masi, dan over­lay yang beragam. Anda dap­at menggam­bar ani­masi frame demi frame dan meng­gu­nakan banyak lapisan untuk men­cip­takan ani­masi yang kom­pleks. Selain itu, Anda dap­at merekam suara lang­sung di dalam aplikasi dan menam­bahkan pengisi suara untuk ani­masi Anda. Pic­sArt Ani­ma­tor juga memi­li­ki fitur Emo­ji Me yang memu­ngkinkan Anda mem­bu­at emo­ji khusus.

Fitur Aplikasi PicsArt Animator:

  • Meng­gu­nakan stik­er ani­masi dan menam­bahkan ger­akan kus­tom
  • Meny­im­pan ani­masi dalam for­mat video atau GIF, ser­ta berba­gi ke media sosial seper­ti YouTube, Face­book, dan Insta­gram
  • Merekam suara lang­sung di aplikasi
  • Mem­bu­at emo­ji prib­a­di den­gan fitur Emo­ji Me
  • Gratis dan tan­pa iklan

3. Stop Motion Studio

Stop Motion Stu­dio adalah salah satu aplikasi yang san­gat pop­uler di kalan­gan peng­gu­na Android den­gan lebih dari 10 juta unduhan. Aplikasi ini menawarkan berba­gai fitur menarik untuk mem­bu­at ani­masi secara gratis. Den­gan meng­gu­nakan Stop Motion Stu­dio, Anda dap­at den­gan cepat men­ja­di ani­ma­tor pro­fe­sion­al. Antar­mu­ka aplikasi ini diran­cang den­gan baik dan seder­hana sehing­ga mudah digu­nakan.

Salah satu keung­gu­lan Stop Motion Stu­dio adalah kemam­puan­nya dalam men­gen­da­likan kam­era secara penuh. Anda dap­at men­gatur fokus, penc­a­hayaan, kese­im­ban­gan putih, ISO, dan kecepatan rana sesuai keing­i­nan Anda. Fitur-fitur ini memu­ngkinkan Anda untuk men­cip­takan ani­masi den­gan kual­i­tas visu­al yang ting­gi.

Selain itu, Stop Motion Stu­dio juga dilengkapi den­gan fitur inter­val wak­tu yang dap­at dis­esuaikan. Anda dap­at men­gatur wak­tu antara seti­ap bingkai ani­masi sesuai den­gan pref­er­en­si Anda. Fitur ini san­gat bergu­na untuk men­cip­takan efek ger­akan yang mulus pada ani­masi Anda.

Den­gan adanya berba­gai fitur ini, Stop Motion Stu­dio memu­ngkinkan Anda untuk bereksper­i­men dan meng­hasilkan ani­masi yang kre­atif dan pro­fe­sion­al. Aplikasi ini cocok untuk peng­gu­na den­gan berba­gai tingkat keahlian, baik untuk pem­u­la maupun ani­ma­tor yang lebih berpen­gala­man.

Den­gan demikian, jika Anda men­cari aplikasi yang dap­at mem­ban­tu Anda mem­bu­at ani­masi den­gan mudah dan meng­hasilkan hasil yang berkual­i­tas, Stop Motion Stu­dio bisa men­ja­di pil­i­han yang tepat.

Fitur Aplikasi Stop Motion Studio:

  • Meny­im­pan ani­masi dalam for­mat video 4K atau 1080p, atau seba­gai GIF ani­masi
  • Tips dan trik ani­masi yang dise­di­akan
  • Trans­fer proyek antar perangkat meng­gu­nakan Drop­box atau Google Dri­ve
  • Gratis di Play Store

4. Animoto Video Maker

Ani­mo­to Video Mak­er adalah aplikasi web yang tidak per­lu diun­duh. Anda dap­at men­gak­ses­nya melalui iPad, iPhone, atau perangkat Android. Ani­mo­to Video Mak­er mem­berikan akses ke jutaan gam­bar dan video dari per­pus­takaan mere­ka. Anda juga dap­at mengim­por gam­bar dan video Anda sendiri ser­ta menam­bahkan musik berlisen­si dari kat­a­log mere­ka yang berisi lebih dari satu juta lagu. Aplikasi ini memu­ngkinkan Anda meng­gabungkan video den­gan tem­plate sto­ry­board yang terse­dia di per­pus­takaan mere­ka.

Fitur Animoto Video Maker:

  • Drag dan drop file dari peny­im­panan Anda atau meng­gu­nakan perekam layar bawaan
  • Menam­bahkan efek, ani­masi, dan tran­sisi den­gan mudah
  • Unduh video dalam for­mat 1080p atau bagikan lang­sung melalui Ani­mo­to den­gan fitur berba­gi sosial, penye­matan, dan email ter­in­te­grasi
  • Kun­jun­gi situs web Ani­mo­to Video Mak­er

5. Draw Cartoons 2

Draw Car­toons 2 adalah aplikasi yang menye­nangkan untuk mengek­spre­sikan diri melalui seni menggam­bar. Aplikasi ini telah diun­duh oleh lebih dari 10 juta peng­gu­na dan memu­ngkinkan Anda mem­bu­at berba­gai ani­masi den­gan meng­gu­nakan berba­gai alat yang dise­di­akan. Anda juga dap­at mengek­spor file ani­masi untuk diton­ton secara offline.

Fitur Aplikasi Draw Cartoons 2:

  • Mem­bu­at ani­masi halus berdasarkan keyframe
  • Berba­gai karak­ter dan item yang terse­dia
  • Karak­ter kon­struk­tor untuk mem­bu­at item dari awal atau meng­gu­nakan tem­plat
  • Menam­bahkan musik atau suara pada ani­masi
  • Mengek­spor video dalam for­mat MP4
  • Gratis di Play Store

Pemil­i­han aplikasi ani­masi ter­baik ter­gan­tung pada berba­gai fak­tor, seper­ti jenis ani­masi yang ingin dibu­at, tingkat kom­plek­si­tas­nya, dan pref­er­en­si prib­a­di. Jika Anda hanya ingin mem­bu­at GIF, kar­tun, logo ani­masi, atau ade­gan VR, Anda dap­at memil­ih aplikasi yang sesuai den­gan kebu­tuhan Anda. Selain itu, per­tim­bangkan juga anggaran dan perangkat yang Anda gunakan, apakah pon­sel, tablet, atau PC. Untuk ani­masi yang lebih kom­pleks seper­ti 3D, mungkin diper­lukan perangkat den­gan pros­esor yang lebih kuat.

Pos terkait