spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Apa Yang Dimaksud Dengan Suhu?

Apa itu suhu? Sebutkan pemahaman dari suhu! Jelaskan definisi dari suhu dalam studi fisika! Apa yang dimaksud dengan suhu? Apa definisi dari suhu suatu zat? Bagaimana cara mengukur suhu suatu benda? Dapatkah kita menyeleksi suhu suatu zat tanpa alat bantu? Apakah perumpamaan suhu sama dengan temperatur? 

Dalam kehidupan sehari-hari , kita kadang kala menyatakan derajat panas suatu benda dengan menggunakan kata panas , hangat , atau dingin. 
Kita menyebut air panas tanpa memahami berapa suhu telah pasti atau menyebut es hirau taacuh tanpa tahu berapa suhu niscaya es tersebut. 
Pada potensi ini , kita akan mencar ilmu tentang suhu dan alat ukur yang digunakan untuk mengenali suhu suatu benda.

Pengertian Suhu

Cafeberita.com – Suhu ialah besaran yang cukup lazim dalam kehidupan kita. Setiap hari kita berhadapan dengan hal-hal yang bermitra dengan suhu.

#1 Dalam Ilmu Fisika

Dalam studi fisika , suhu yakni suatu besaran pokok yang menyatakan ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda atau zat.

Ukuran derajat tujuannya tingkat panas atau hirau taacuh suatu zat itu kita nyatakan dengan suatu angka yang disertai dengan derajat satuannya.

Satuan Internasional untuk suhu yakni Kelvin (K). Untuk Kelvin satuannya tidak menggunakan derajat.

Satuan yang lain yang cukup lazim digunakan yakni derajat celcius (oC) , derajat fahrenheit (oF) , dan Reaumur (oR).

#2 Di Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari , suhu dairtikan selaku ukuran panas atau hirau taacuh benda yang dinyatakan dengan kata kata sifat.

Kata sifat yang digunakan untuk menyatakan suhu benda dalam kehidupan sehari-hari antaralain panas , hangat , atau dingin.

Untuk menyatakan ukuran panas atau hirau taacuh benda , umumnya kita menggunakan indera peraba yakni kulit atau menggunakan tangan.

Alat Untuk Mengukur Suhu

Dalam kehidupan sehari-hari , kadang kala seorang Ibu memegang kening atau dahi anaknya untuk menyelediki panas tubuh anak tersebut.

Meskipun Ibu sanggup menyatakan panas atau hirau taacuh lewat indera peraba , tetapi Ia tidak sanggup menyatakan nilai pastinya.

Oleh sebab itu , tangan atau indera peraba tidak sanggup digunakan untuk mengukur suhu secara kuantitatif. 

Untuk mengukur suhu dikehendaki alat khusus yang menyediakan angka atau skala. Alat itu yakni termometer.

Beberapa Istilah Terkait Suhu

Dalam studi tentang suhu , berikut beberapa perumpamaan atau kata yang bermitra dengan suhu.

#1 Temperatur

Pada prinsipnya , temperatur dan suhu ialah dua perumpamaan yang bermitra dengan panas hirau taacuh suatu benda. 

Temperatur ialah kondisi panas atau hirau taacuh suatu benda sementata suhu menyatakan ukuran kuantitatif dari temperatur.
Misal , kita sanggup menyampaikan temperatur dari segelas air yakni hangat kemudian sehabis diukur dengan termometer kita sanggup tahu berapa suhunya.

#2 Termometer

Termometer yakni alat yang digunakan untuk mengukur suhu suatu zat dengan sempurna dan menyatakannya dengan suatu angka.

Misalnya ketika seorang anak demam , maka dengan menggunakan termometer , kita sanggup menyatakan suhu tubuh anak tersebut.

Termometer pertama kali dibentuk oleh Galileo Galilei. Pada ketika itu , Ia sukses menghasilkan termometer udara yang berisikan suatu bola beling dn pipa beling yang panjang.

Saat ini , termometer yang paling banyak digunakan yakni termometer raksa. Termometer raksa ialah termometer yang menggunakan raksa selaku penanda suhu.

#3 Sifat Termometrik Zat

Sifat termometrik yakni sifat fisik yang berubah sebab pergantian suhu. Perubahan ini umumnya sanggup diamati.

Termometer yang digunakan untuk mengukur suhu dibentuk dengam mempergunakan sifat termometrik suatu zat. 

#4 Pemuaian

Pemuaian yakni proses bertambahnya ukuran suatu benda sebab suhunya dinaikkan atau sebab terkena panas.

Ketika zat dipanasakn atau mendapatkan kalor , partikel zat akan bergetar lebih singkat sehingga saling menjauh dan benda memuai.
Pemuaian yang terjadi pada benda padat sanggup berupa muai panjang , muai luas , dan pemuaian volume.

#5 Kalor

Kalor yakni bentuk energi yang secara alami berpindah dari suatu benda ke benda lain di sekitarnya.

Perpindahan tersebut terjadi dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah.
Demikian pembahasan singkat tentang pemahaman suhu , alat ukur suhu , dan beberapa perumpamaan yang bermitra dengan suhu yang sanggup edutafsi bagikan.

Baca juga :

  1. Apa perbedaan suhu dan temperatur?
  2. Apa saja sifat termometrik zat?
  3. Apa perbedaan suhu dan kalor?
  4. Apa kelebihan termometer raksa?
  5. Bagaimana cara mengukur suhu?
Jika materi mencar ilmu ini berharga , bantu edutafsi membagikannya terhadap teman-teman kalian lewat share sosial media yang kalian punya.

Untuk materi mencar ilmu fisika smp yang lain sanggup kalian peroleh di hidangan materi mencar ilmu fisika atau lewat tombol klasifikasi fisika smp di bawah ini.

Untuk kritik , rekomendasi , pertanyaan , atau proposal tentang topik apa yang Kalian ingin edutafsi membahasnya , silahkan share di komentar.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog wacana materi belajar. Gunakan hidangan atau pencarian untuk mendapatkan materi mencar ilmu yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles