Apa Itu GMAT Ikuti Langkah-Langkah Persiapannya Ini
Apa Itu GMAT

Apa Itu GMAT? Ikuti Langkah-Langkah Persiapannya Ini

Tahukah Anda apa itu GMAT? Tes ini penting sebagai syarat masuk sekolah bisnis di luar negeri. Yuk ikuti persiapannya dengan benar sebagai berikut.

Apa Itu GMAT?

Graduate Management Admission Test atau yang disebut dengan GMAT adalah salah satu jenis tes penting. Tes ini digunakan untuk melanjutkan ke pendidikan magister bisnis sebagai bahan pertimbangan universitas.

Tes ini terdiri dari soal pilihan ganda yang dikerjakan menggunakan komputer dan diselenggarakan secara global.

Topik yang terdapat dalam tes ini adalah dasar aritmatika, geometri, data analisis dan juga grammar dimana Anda dapat mempelajarinya dengan mengikuti kursus persiapan GMAT.

Lebih penting lagi adalah tes ini diselenggarakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menganalisis dan mengevaluasi apa yang tertulis dari sumber apapun. Sehingga kemampuan berpikir secara kritis dan mampu menyelesaikan masalah akan terlihat.

Mengenal alasan diselenggarakannya maka Anda harus bekerja sangat keras untuk bisa berhasil mendapatkan skor yang tinggi. Seperti apa tes GMAT terlihat dari jenis soal yang dikeluarkan.

Lihat Juga Panduan & Tips Memilih Tempat Kursus Bahasa Jerman Terbaik

Soal-soal tersebut terbagi menjadi empat sesi berbeda yaitu Analytical Writing Assessment, Integrated Reasoning, Quantitative dan Verbal.

Uniknya dalam tes ini adalah para peserta bisa memilih urutan pengerjaan sesi tes sesuai kebutuhan. Jadi sebelum memulai tes, Anda bisa memilih jenis tes mana saja yang ingin dikerjakan terlebih dahulu.

Penilaian dari masing-masing sesi berbeda, dan akan dihitung dalam skala. Berikut ini penilain dari masing-masing tes.

  • Analytical Writing Assessment : 0-6
  • Integrated Reasoning :1-8
  • Quantitative  dan Verbal : 0-60

Penilaian dilakukan secara berbeda dari komputer dan jawaban pada soal pertama akan menentukan jenis soal kedua yang akan Anda kerjakan.

Komputer akan bekerja untuk menentukan soal seperti apakah yang sesuai berdasarkan jawaban dari pertanyaan pertama. Jadi penilaian akan benar-benar berbeda dan Anda akan mendapatkan penilaian secara adil.

Persiapan yang Dilakukan dalam Tes GMAT

Dilihat dari jenis tes yang sulit, maka Anda harus melakukan persiapan dengan matang. Bukan hanya sekedar satu atau dua bulan saja namun perlu setidaknya empat hingga enam bulan.

Kebanyakan tempat kursus akan menyediakan kelas mulai dari enam bulan hingga lebih. Waktu tersebut cukup tepat untuk meningkatkan skor dengan cepat.

Lihat Juga Sertifikat Toefl Online Jangan Asal, Ini Tipsnya!

Selain di tempat kursus, Anda juga harus mempersiapkan diri sendiri dengan matang. Ada beberapa persiapan lain yang bisa Anda lakukan berikut ini.

Mengenal Skor GMAT di Universitas

Pertama Anda harus mengetahui berapa skor GMAT yang dibutuhkan untuk masuk ke universitas tersebut. Skor tersebut akan menjadi tujuan skor yang harus Anda raih setelah belajar selama beberapa bulan.

Menentukan skor sebagai target belajar akan meningkatkan motivasi dan menjadi start yang baik. Mulai dari situ Anda bisa mencari berbagai macam materi yang harus dipelajari dengan lebih lengkap.

Ikuti tes latihan

Jangan lupa untuk mengetes kemampuan yang saat ini Anda miliki dengan latihan tes.

Latihan tes ini biasanya terdapat dalam kursus dan hasilnya akan menjelaskan seberapa jauh Anda harus belajar. Ketahui jenis soal mana saja yang menjadi kesulitan untuk meningkatkan skor.

Kesulitan tersebut menjadi kelemahan yang harus menjadi prioritas belajar daripada mempelajari semua soal dari dasar.

Prioritaskan sesi Quantitative dan Verbal

Demi memperbaiki kelemahan yang Anda miliki, sebaiknya habiskan lebih banyak waktu untuk mempelajari Quantitative dan Verbal. Sesi ini akan membuktikan kemampuan kepada pihak universitas jika Anda bukan berasal dari jurusan bisnis sebelumnya.

Misalnya Anda berasal dari jurusan humaniora namun tetap memiliki skor Quantitative yang tinggi. Begitupun sebaliknya dimana jurusan matematika memiliki keterampilan verbal yang baik.

Tinjau kembali soal matematika

Soal dalam GMAT yang terpenting adalah mengasah keterampilan penalaran dan pemecahan masalah daripada hanya sekedar menghafalkan fakta dan juga angka. Misalnya saja pada soal matematika Anda perlu menguasai cara menyelesaikan variabel atau menghitung luas dalam bentuk dasar.

Ikuti tes setiap dua hingga tiga minggu sekali

Anda perlu mengikuti latihan tes setiap dua atau tiga minggu sekali untuk membuktikan kemajuan belajar yang telah didapatkan.

Jangan pernah berhenti untuk mengambil tes diagnostik agar Anda mengetahui sejauh mana kemajuan yang dilakukan. Pastikan simulasi tes dilakukan dengan tenang dan dalam kondisi yang sehat. Seringnya mengikuti simulasi akan membuat mental juga lebih terbiasa dalam mengikuti tes.

Hal penting untuk diketahui test gmat, biaya tes gmat, soal gmat pdf, contoh soal dan jawaban gmat test, gmat bahasa indonesia, tes bahasa inggris gmat, test gmat shopee, latihan gmat