Antara Generasi X, Y, Z dan Lainnya, Kamu yang Mana?

Akhir-akhir ini, di era inter­net, keti­ka infor­masi mem­ban­jir, ser­ing muncul isti­lah-isti­lah baru yang kadang kita per­lu googling untuk menge­tahui artinya. Khusus­nya para dig­i­tal immi­grants, orang-orang yang sep­a­ruh mind­set dan per­i­lakun­ya masih ter­je­bak di masa lalu, orang-orang yang susah move on di era dig­i­tal sekarang ini.

Sebe­narnya sia­pa gen­erasi mile­niel itu? Dan kamu ter­ma­suk gen­erasi yang mana? Untuk menge­tahuinya, yuk kita simak selengkap­nya:

Bacaan Lain­nya
  1. Gen­erasi Z

Gen­erasi Z adalah mere­ka yang lahir keti­ka era inter­net telah berkem­bang pesat. Mere­ka lahir antara tahun 1995–2010 seba­gai dig­i­tal native. Mere­ka dise­but juga iGen­er­a­tion, gen­erasi inter­net atau gen­erasi lang­gas.

Karak­ter gen­erasi ini sung­guh berbe­da den­gan gen­erasi sebelum­nya, gen­erasi mile­nial. Den­gan adanya teknolo­gi inter­net mere­ka mem­pun­yai kebi­asaan dan per­i­laku yang baru. Hidup mere­ka san­gat dig­i­tal. Mere­ka mengkon­sum­si infor­masi, hibu­ran dan penge­tahuan dari gad­get di mana saja dan kapan saja tan­pa terk­endala wak­tu dan tem­pat.

Sehing­ga mere­ka mem­pun­yai mind­set glob­al. Mere­ka bergaul den­gan teman-teman dari selu­ruh pen­ju­ru dunia. Mere­ka san­gat kre­atif den­gan men­cip­ta kon­ten orig­i­nal, inde­pen­den dan “live”.

  1. Gen­erasi Mile­nial atau gen­erasi Y

orang-orang yang dise­but gen­erasi mile­nial atau gen­erasi mile­ni­um adalah mere­ka yang lahir kira-kira tahun 1981 ‑1994. Keti­ka inter­net mulai berkem­bang. Mere­ka telah mengkon­sum­si infor­masi dari gad­get, namun mere­ka belum ter­biasa mem­bu­at kon­ten kre­atif.

Mere­ka baru sam­pai pada lev­el suka berba­gi dan menye­bar kon­ten melalui SMS, Face­book dan Twit­ter, belum ter­biasa mem­bu­at kon­ten orig­i­nal.

  1. Gen­erasi X (lahir tahun 1965–1980)

Gen­erasi ini lahir keti­ka pc kom­put­er baru muncul.Termasuk kelom­pok ini adalah mere­ka yang lahir kira-kira tahun 1965 sam­pai den­gan tahun 1980. Gen­erasi X ini san­gat akrab den­gan video game, tv kabel. Acara MTV san­gat dige­mari oleh gen­erasi ini,

Mere­ka meny­im­pan data kom­put­er den­gan flop­py disk yang lebarnya lebih besar dari tela­pak tan­gan orang dewasa.

  1. Baby Boomer

Dari semua gen­erasi di atas, mungkin gen­erasi baby boomer ini yang pal­ing menyedihkan. Ter­ma­suk gen­erasi ini adalah orang-orang yang lahir tahun 1946 – 1964. Gen­erasi yang lahir sete­lah perang dunia II berakhir.

Gen­erasi ini lebih suka mem­per­banyak ketu­runan. Mungkin kare­na saat itu belum begi­tu banyak hibu­ran atau hal lain yang lebih menye­nangkan.

Saat ini gen­erasi baby boomer sudah makin berku­rang dan bahkan beber­a­pa tahun lagi sudah tak ada lagi.

Pos terkait