spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

5 Cara Menyampaikan Presentasi yang Menyenangkan

Cara Menyampaikan Presentasi yang Menyenangkan – Presentasi merupakan kegiatan menyampaikan pendapat tentang suatu materi maupun proses penyampaian sesuatu yang berisikan informasi suatu perencanaan kepada audiens, tujuan presentasi tentunya menyampaikan informasi penting agar audiens bisa memahami dan mengetahui maksud dari isi informasi yang telah disampaikan.

Biasanya dalam melakukan presentasi dapat dilakukan secara individu maupun bersama kelompok, tergantung dengan kesepakatan bersama. Dalam menyampaikan presentasi tentunya tidak hanya asal menyampaikan informasi atau berbicara dengan penuh rasa percaya diri di hadapan audiens saja.

Jika hanya sekedar berbicara menyampaikan informasi dan materi kepada audiens tanpa memperhatikan kenyamanan audiens dan tanpa adanya persiapan yang matang dari dalam diri, tentunya dapat membuat audiens merasa jenuh dan bosan saat mendengarkan presentasi sehingga menjadikan audiens tidak bisa memahami dan mencerna isi presentasi yang disampaikan dengan baik.

Oleh karena itu ada beberapa cara yang wajib seseorang ketahui sebelum melakukan presentasi agar proses presentasi dapat berjalan dengan baik, sehingga cara ini juga dapat membuat audiens merasa nyaman dan mudah memahami isi presentasi yang akan kamu sampaikan. Serta yang paling penting dapat membuat audiens tidak merasakan bosan saat mendengarkan presentasi kita, perhatikanlah cara berikut ini.

Cara Menyampaikan Presentasi Yang Menyenangkan :

1. Menguasai Materi

Agar presentasi dapat berjalan dengan baik maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami semua isi materi yang akan disampaikan agar bisa menguasai materi. Pentingnya memahami dan menguasai materi terlebih dahulu sebelum melakukan presentasi adalah supaya jika ada audiens yang belum sepenuhnya paham dengan isi persentasi yang kita sampaikan, dan ingin mengajukan beberapa pertanyaan mengenai materi maka kamu pun bisa langsung menjawabnya tanpa kebingungan.

Jika belum sepenuhnya paham dengan isi materi yang akan disampaikan maka kamu akan mengalami beberapa kesulitan dalam proses penyampaian materinya, bahkan bisa saja saat ada audiens yang bertanya kamu tidak bisa menjawabnya. Adapun beberapa tanda seseorang mengalami beberapa kesulitan dalam melakukan presentasi seperti terlihat gugup, grogi, cemas dan melakukan presentasi secara singkat dan padat dengan harapan presentasi segera selesai.

Jika presentasi disamakan dengan seperti berbicara di hadapan orang lain tanpa memperhatikan proses penyampaian yang baik, maka audiens akan merasa bosan dengan prestasi kamu karena tidak menarik.

2. Latihan Presentasi Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan presentasi tidak ada salahnya jika kamu latihan presentasi terlebih dahulu, jika kamu presentasi secara individu cobalah berlatih dengan cara menyampaikan presentasi atau berbicara di depan cermin. Agar kamu dapat mencoba cara mengontrol dan mengenakan ekspresi wajah, saat melakukan presentasi di depan audiens agar audiens semakin tertarik dan memperhatikan presentasi kamu.

Jika melakukan presentasi secara berkelompok jangan lupa mengajak seluruh anggota kelompok untuk melakukan latihan presentasi terlebih dahulu, dalam presentasi secara kelompok pastikan semua masing-masing anggota mendapatkan bagian dan waktu untuk menyampaikan presentasi secara bergantian. Jangan lupa juga untuk saling membantu jika ada anggota kelompok yang kesulitan dalam memahami isi materi, agar presentasi dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mendapatkan nilai kekompakan yang baik.

Tujuan melakukan latihan presentasi terlebih dahulu yaitu sebagai persiapan agar dapat menyampaikan presentasi secara baik dan menarik, serta bisa juga untuk mengoreksi kesalahan maupun kekurangan agar bisa segera untuk diperbaiki. Sebab latihan presentasi juga membantu seseorang merasa siap untuk melakukan presentasi serta dapat mengurangi rasa groginya.

3. Menciptakan Suasana Menyenangkan

Meskipun terkadang presentasi selalu dipenuhi dengan keseriusan tidak ada salahnya jika kamu menambahkan sedikit candaan agar suasana tidak tegang, tentunya kamu harus memperhatikan waktu yang pas untuk menambahkan sedikit candaan agar
audiens merasa tertarik dan tidak merasa mengantuk ataupun bosan dengan presentasi yang kamu sampaikan.

Namun sayangnya ada beberapa orang yang tidak bisa menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan saat melakukan presentasi, sehingga hal tersebut menjadikan audiens merasa malas dan tidak tertarik dengan presentasi yang disampaikannya.

Tentu saja sikap audiens yang kurang tertarik dengan presentasi dapat membuat orang yang menyampaikan presentasi merasa tidak nyaman dan sedih, bahkan seseorang yang presentasi juga ingin segera mengakhiri presentasinya karena tidak ada audiens yang mendengarkan dan memperhatikan presentasinya dengan baik.

Namun kita juga tidak bisa menyalahkan audiens sepenuhnya jika kita mempunyai tips dan trik yang mampu menampilkan sebuah presentasi yang menarik, maka audiens juga akan mendengarkan dan memperhatikan presentasi kita dengan baik. Oleh karena itu sebelum presentasi dimulai cobalah memikirkan atau mencari cara agar dapat menarik perhatian pendengar.

4. Menampilkan Gambar Atau Video

Sebagai pelengkap presentasi kamu juga dapat menampilkan gambar asli maupun ilustrasi dan video yang sesuai atau terkait dengan materi yang kamu sampaikan, menambahkan gambar atau video pada presentasi juga dapat membuat seseorang mudah memahami informasi yang kita sampaikan.

Tak hanya membantu mempermudah pendengar memahami isi presentasi saja tetapi menambahkan gambar dan video mampu menarik perhatian audiens, sehingga para audiens akan selalu memperhatikan dan tidak mudah merasa mengantuk ataupun bosan.

Biasanya seseorang menggunakan power point untuk membantu presentasinya dan kamu dapat menambahkan gambar ataupun video yang menarik pada setiap halaman atau slide nya, tentunya tambahkan beberapa informasi penting yang terkait dengan gambar agar audiens lebih mudah memahaminya.

5. Gunakan Bahasa Tubuh

Dalam melakukan presentasi jangan lupa perhatikan bahasa tubuh agar kamu terlihat siap dan yakin serta percaya diri untuk menyampaikan presentasi, gerakan bahasa tubuh tentunya tidak harus heboh tetapi jangan juga terlalu santai agar tetap terlihat semangat untuk melakukan presentasi.

Lalu bagaimana cara menggunakan bahasa tubuh yang baik? Tenang saja. Bahasa tubuh perlu kamu perhatikan adalah sikap tegak, pandangan mengarah pada audiens, ekspresi wajah tersenyum, gerakan tangan yang mendukung dan suara yang jelas.

Hindari menundukkan kepala, tatapan kosong, melipat tangan ke belakang, memasukkan tangan ke saku dan hindari pandangan mata yang selalu melihat catatan atau tampilan layar presentasi karena tindakan tersebut seperti mengabaikan audiens.

Jika gerakan bahasa tubuh pembicara mendukung maka audiens dapat merasakan adanya koneksi yang membuatnya mudah memahami maksud dan tujuan materi yang disampaikan, menggunakan bahasa tubuh juga dapat membangkitkan dan menghidupkan suasana presentasi.

Melakukan presentasi sebenarnya tidak terlalu sulit namun juga tidak mudah yang terpenting adalah sebelum menyampaikan presentasi harus mempersiapkan diri dan materi yang akan disampaikan terlebih dahulu, setelah semuanya sudah dipersiapkan yakinkan diri bahwa kamu bisa membawakan materi presentasi dengan baik untuk menghindari perasaan grogi.

Jangan merasa khawatir dan takut dengan pandangan audiens anggaplah audiens sebagai orang yang siap mendengarkan dan menerima materi dari kita dengan baik, agar presentasi dapat berjalan dengan lancar kamu juga bisa menerapkan beberapa cara seperti diatas semoga cara ini dapat membantu.

Biodata Penulis

  • Nama : Argafica Putri Sionfa
  • Instragram: Argaficaa16
  • Alamat: Blitar
Argafica Putri Sionfa
Argafica Putri Sionfahttps://cafeberita.com
Senang berbagi informasi dan pengalaman hidup. Jangan lupa follow aku dan saya akan berikan yang terbaik untuk kamu

Popular Articles