Beranda Kesehatan Alasan Mengapa Orang Dewasa Masih Perlu Vaksin

Alasan Mengapa Orang Dewasa Masih Perlu Vaksin

24
0

Anggapan yang berkembang dimasyarakat umum adalah bahwa vaksin hanya diberikan saat masih bayi atau balita. Namun sebenarnya vaksin juga sangat dibutuhkan ketika saat sudah dewasa. Orang dewasa juga memerlukan vaksin sebagai perlindungan diri terhadap penyakit tertentu.

Sebab vaksinasi adalah usaha untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh terhadap virus atau bakteri tertentu yang dapat menyebabkan suatu penyakit. Vaksin dibuat dengan cara menggunakan bagian virus atau bakteri yang sudah dilemahkan. Sehingga efek yang ditimbulkan tidak membahayakan bagi tubuh, namun tetap dapat membentuk antibodi spesifik tersebut.

Berikut ini beberapa alasan mengapa vaksin dewasa diperlukan oleh tubuh.

1. Harus Diberikan Pada Saat Dewasa
Salah satu alasan mengapa orang dewasa masih perlu vaksin yakni untuk beberapa vaksin memang vaksin tersebut baru bisa diberikan ketika sudah dewasa. Seperti vaksinasi HPV (human papilloma virus) untuk mencegah berbagai penyakit kanker, vaksinasi herpes zoster, pneumonia, demam tifoid untuk mencegah penyakit tifus yang disebabkan bakteri dalam makanan, dan yellow fever untuk mencegah virus demam kuning yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

2. Sebagai Booster
Selain itu beberapa vaksin membutuhkan booster untuk membuat orang dewasa tetap terlindungi, meskipun vaksin tersebut sudah didapatkan saat masih anak-anak. Beberapa vaksin yang membutuhkan booster antara lain adalah, vaksin influenza dan vaksin Tdap untuk tetanus, difteri, dan pertussis.

3. Vaksinasi Belum Lengkap
Selain itu, alasan selanjutnya mengapa orang dewasa masih perlu vaksinasi adalah karena ada kemungkinan seorang tersebut belum mendapatkan vaksinasi secara lengkap pada saat anak-anak. Kebanyaka orang tua hanya memberikan vaksinasi yang diberikan secara gratis di Posyandu atau Puskesmas, seperti hepatitis B, polio, BCG, DPT-HB-HIB, dan campak.

Sementara bayi juga masih memerlukan vaksin lain yang tidak disediakan secara gratis oleh pemerintah. Diantaranya adalah seperti pneumococcus, rotavirus, influenza, MMR, hepatitis A, dan varicella atau cacar air. Sehingga orang tersebut memerlukan vaksinasi ketika sudah dewasa.

4. Tenaga Kesehatan
Bagi para perkerja yang bekerja di fasilitas kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit maupun klinik, penting sekali untuk melakukan vaksinasi secara lengkap dan rutin sebagai booster. Sebab fasilitas kesehatan adalah merupakan tempat berkumpulnya segala potensi berbagai macam penyakit.

Apabila tubuh tenaga kesehatan tidak terlindungi dengan baik maka berpotensi mengalami infeksi nosokomial. Infeksi nosokomial adalah infeksi yang didapat dan berkembang saat seseorang berada di lingkungan fasilitas kesehatan.

5. Bepergian Ke Luar Negeri
Saat seseorang akan pergi ke luar negeri, perlu sekali untuk melakukan vaksin terlebih dahulu. Selain tentu saja mengurus dokumen resmi seperti paspor atau visa, juga perlu untuk melakukan vaksinasi. Sebab bepergian ke negara lain yang memiliki iklim dan cuaca yang sangat berbeda dengan Indonesia, memungkinkan daya tahan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit tertentu.

Sehingga mendapatkan vaksin sebelum liburan ke luar negeri orang adalah hal yang wajib dilakukan. Mengenai vaksin apa saja yang diberika tentu saja bergantung pada negara tujuan yang akan dikunjungi.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Tentu saja tujuan utama dari vaksinasi adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga bagi siapa saja yang ingin meningkatkan daya tahan tubuhnya terhadap suatu penyakit, perlu untuk melakukan vaksinasi.

Selain itu untuk orang dengan resiko terpapar penyakit selain tenaga kesehatan, seperti pekerja panti jompo, pekerja laboratorium, merawat keluarga yang sakit, orang dengan daya imunitas rendah, pasien dengan komorbiditas penyakit tertentu, lanjut usia, atau orang yang akan bepergian ke daerah endemis.

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa orang dewasa masih perlu vaksinasi, mungkin Anda tertarik untuk melakukan vaksinasi. Namun karena sifatnya yang spesifik dan terdapat banyak jenis vaksinasi yang tersedia. Konsultasikan kepada Dokter, nanti Dokter akan menentukan vaksinasi apa yang harus diperoleh.

Berdasarkan beberapa faktor dan resiko yang akan timbul berbeda-beda setiap orang, sehingga dianjurkan sebelum melakukan vaksinasi sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu. Nah untuk konsultasi dimasa pandemi ini Anda bisa gunakan salah satu fitur di Aplikasi Halodoc.

Dalam fitur Tanya Dokter di Aplikasi Halodoc Anda dapat berkonsultasi secara gratis dengan Dokter untuk menentukan vaksin apa yang sekiranya diperlukan oleh tubuh Anda. Di Aplikasi Halodoc Anda juga sekaligus membuat appointment dengan Dokter untuk melakukan vaksinasi. Yuk manfaatkan aplikasi Halodoc sekarang juga.

Tinggalkan Komentar