Beranda Wisata Air Terjun Pinrang Kurang Perhatian, Berikut 7 Diantaranya

Air Terjun Pinrang Kurang Perhatian, Berikut 7 Diantaranya

0
Gadis perawan Pinrang
Air Terjun Karawa Pinrang. (Sumber: Instagram.com/andimirandaa_/)

Air terjun Pinrang tak kalah indahnya dengan daerah lainnya di Sulsel. Sayangnya, objek wisata di daerah ini tak begitu dikembangkan.

Sedikit ada 7 air terjun yang ada di kabupaten Pinrang ini. Dan bila dikembangkan, bisa menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat yang hidup di sekitar objek wisata tersebut.

Namun, potensinya tak jua mengetuk hati para pemangku adat atau pemerintah setempat. Tak sedikit diantaranya, dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Tentunya, jika sudah seperti itu. Tersisa, harapan masyarakat setempat untuk berdikari memajukan daerahnya sendiri. Mengembangkan objek wisata air terjun Pinrang ini.

Atau setidaknya mendesak kepala desa setempat agar memperhatikan objek wisata air terjun tersebut. Terlebih saat ini sudah ada dana desa yang jumlahnya tak sedikit.

Berikut 7 air terjun Pinrang yang dimaksud dan kiranya perlu dikembangkan. Pasalnya, masih kurang perhatian. Terlebih pemerintah setempat.

1. Air Terjun Kali Jodoh

Air terjun Kalijodo Pinrang
Sumber: Istagram.com/jelajahpinrang

Air terjun ini sangat indah. Ada 4 mata airnya. Letaknya sekitar 3 Km dari jalan poros Bakaru. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki dengan kondisi jalan menanjak.

BACA JUGA :   Tempat Wisata Australia yang Terkenal Pasar Bunga Sydney

Menurut warga sekitar, air terjun Pinrang satu ini punya cerita mistis. Warga percaya siapapun muda mudi yang sepakat berkunjung ke tempat ini akan berjodoh.

Begitu pula dengan seseorang yang belum menemukan jodoh. Apabila, berkunjung ke tempat ini maka akan segera mendapatkannya.

2. Air Terjun Latta Pitu

Air terjun Latta Pitu
Sumber : Instagram.com/nnraliaa_

Air terjun Pinrang satu ini memiliki potensi, yang sangat layak untuk dikembangkan. Sayangnya, sejauh ini pemerintah setempat hanya memandangnya sebelah mata.

Andai kata dipelihara dengan baik. Bisa menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten ini. Sebab, keindahan alamnya sangatlah asri.

Belum lagi. Kondisi air terjun yang berundak. Bertingkat 7 atau dalam bahasa bugis disebut Latta Pitu.

Air terjun Pinrang ini terletak di Desa Rajang, Kecamatan Lembang. Lokasinya mudah diakses. Hanya 30 KM dari Ibu Kota Pinrang.

3. Air Terjun Sarambu

Air terjun Sarambu Pinrang
Sumber: halamanindonesia

Berikutnya objek wisata yang kurang dilirik adalah Air Terjun Sarambu. Destinasi wisata ini menyimpan sejuta panorama yang ternilai harganya.

BACA JUGA :   Pernikahan Beda Usia di Pinrang Kembali Terjadi, Geger!

Di lokasi air terjun ini ada banyak pepohonan yang masih sangat terjaga. Nyaris, tak tersentuh tangan-tangan jahil manusia.

Lokasinya, cukup terpencil. Berada di tengah-tengah perkebunan warga yakni di Sarambu, sebelah Utara Pinrang. Tepatnya di Benteng Paremba, Kecamatan Lembang.

4. Air Terjun Baribi

Air terjun Baribi Pinrang
Sumber : instagram.com/explorewaterfall.sulsel/

Air terjun Pinrang satu ini terletak di Desa Tapporang, Kecamatan Batulappa. Terletak di bawah kaki gunung Tirasa. Lokasinya, sekitar 25 KM dari Ibu Kota Pinrang. Masih sangat asri. Tak banyak dijamah manusia.

5. Air Terjun Karawa

Gadis manis Pinrang
Sumber: Instagram.com/linoooooooooong/

Air Terjun Karawa terletak di lokasi Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Tingginya sekitar 60 meter.

Menariknya, ada banyak bebatuan zaman dulu dan juga beberapa bebatuan yang terbentuk secara alami. Sayangnya, tidak dimaksimalkan dan dikembangkan oleh pemerintah setempat.

Beruntung, warga yang tinggal di lokasi ini sudah mulai memanfaatkan untuk mengais rezeki di tempat ini. Meski itu, masih sangat sederhana.

BACA JUGA :   Pantai Charlita Nias, Keindahan Alam di Pulau Nias

6. Air Terjun Sarassa

Air terjun sarassa Pinrang
Foto: Instagram.com/insta_pinrang

Air terjun berikutnya yang masih tak dipedulikan keberadaanya adalah objek wisata yang terletak di Rajang, Kecamatan Lembang.

Destinasi satu ini sangat unik. keunikannya dan tak kalah dengan yang ada di daerah lainnya di Pinrang. Bahkan, boleh dikata tak ada samanya di Indonesia.

7. Air Terjun Kaba-Kaba

Air terjun kabakaba Pinrang
Sumber : Sahabat Pinrang

Air terjun lainnya yang kini kuran tersentuh adalah air terjun kaba-kaba. Lokasinya berada di balik gunung. Sekitar 2 jam perjalanan dari kota Pinrang dengan mengendarai roda dua atau empat.

Kondisinya pun tak jauh berbeda dengan air terjun lainnya. Tak dilirik sedikit pun. Utamanya oleh pemerintah setempat. Nyaris, dibiarkan begitu saja tanpa ada pembangunan sedikit pun.

Itulah 7 air terjun Pinrang yang layak kamu kunjungi. Namun, tentunya kudu berhati-hati sebab tak sedikit diantaranya harus ditempuh dengan berjalan kaki dan menyiapkan bekal tersendiri.

Pasalnya, di beberapa lokasi tak banyak penjual makanan yang bisa dijumpai. Tak bawa bekal, bisa saja membuat kamu kelaparan. (bnd)

Tinggalkan Komentar