4 Jenis Makanan Yang Mengandung Kolagen

Kesehatan

Written by:

Makanan yang mengandung kolagen baik untuk menjaga kulit agar tetap kenyal dan kencang sepanjang waktu. Kolagen adalah salah satu protein yang penting untuk menyusun tubuh. Kadar kolagen di dalam tubuh sendiri mencakup kurang lebih 30 persen dari jumlah total protein yang ada.

Kolagen sebenarnya tidak hanya memiliki peran untuk membentuk struktur organik pada kulit tetapi juga pada otot, sendi, gigi dan tulang. Bila produksi kolagen di dalam tubuh mulai berkurang maka akan timbul kerutan, garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

Penurunan ini biasanya akan dialami saat anda telah mencapai usia di atas 20 tahun. Banyak yang menggunakan krim yang mengandung kolagen sebagai langkah perawatan dari luar. Supaya perawatan tersebut bisa berjalan dengan efektif, anda juga perlu mempertimbangkan perawatan dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen. Berikut ini adalah 4 makanan yang mengandung kolagen seperti kami kutip dari Caranya.ID:

1. Buah Stroberi
Buah strawberry kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C yang cukup dalam tubuh mampu mencegah terjadinya penuaan dini seperti kulit yang kasar, kusam, keriput dan berkerut. Tidak hanya itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Pembentukan kolagen pun bisa dirangsang dengan adanya vitamin C. Kadar kolagen yang mencukupi membuat kulit lebih halus dan mulus. Stuktur, kekencangan dan elastisitas kulit juga akan tetap utuh karena kandungan asam allegic pada strawberry.

2. Bawang putih
Dengan konsumsi bawang putih, anda bisa merangsang terbentuknya kolagen pada kulit. Hal ini disebabkan bawang putih kaya akan belerang yang bisa membantu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak kolagen. Serat kolagen yang rusak pun bisa diperbaiki karena kandungan lain dari bawang purih seperti lipoid dan asam taurine.

3. Ikan
Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah ikan. Makan ikan seperti sarden, tuna, ikan trout, dan salmon bisa membantu mempertahankan elastisitas dan kesehatan kulit. Ikan laut yang anda konsumsi merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat tinggi untuk tubuh. Lemak baik ini memiliki andil besar dalam pembentukan kolagen.

4. Buah Tomat
Bila anda ingin mempertahankan produksi kolagen dalam tubuh agar tidak menurun, pastikan saja bahwa tomat selalu ada di setiap masakan yang anda konsumsi. Kandungan likopen yang tinggi merupakan zat antioksidan yang mampu menghambat pembentukan enzim kolagenase. Enzim ini berfungsi sebagai perusak ikatan peptisida yang terdapat pada kolagen.

Jadi tak ada salahnya bagi anda untuk mengkonsumsi satu diantara empat makanan yang mengandung kolagen di atas bila ingin kulit selalu bercahaya dan halus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *