Beranda Bisnis 3 Pilihan Investasi Jangka Panjang Yang Layak Anda Pertimbangkan

3 Pilihan Investasi Jangka Panjang Yang Layak Anda Pertimbangkan

20
0
Pilihan Investasi Jangka Panjang

Saat ini banyak influencer yang memberikan literasi keuangan secara cuma-cuma, salah satunya adalah Raditya Dika. Hal ini sedikit banyak mampu meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan masyarakat luas dalam mengelola keuangan.

Salah satu hasil dari literasi keuangan adalah mampu mengelola keuangan dengan baik. Jika pemahaman literasi keuangan dalam tingkat pemahaman lebih lanjut, seseorang akan berani mengambil keputusan untuk melakukan investasi untuk mencapai tujuan keuangan.

Jika dilihat dari tujuannya, investasi dibagi menjadi dua jenis. Yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, terkait mana yang baik itu bergantung pada tujuan daripada investasi itu sendiri.

Apabila tujuan dari investasi masih dalam waktu yang lama, seperti persiapan biaya sekolah anak, persiapan dana pensiun, investasi jangka panjang kerap dijadikan pilihan.

Apa Itu Investasi Jangka Panjang?

Investasi jangka panjang adalah suatu investasi yang mana dana milik perseorangan maupun perusahaan akan diputar dan baru dapat dicairkan apabila sudah tiba dalam jangka waktu tertentu. Investasi jangka panjang biasanya memiliki jangka waktu investasinya diatas 5 tahun.

Pilihan investasi jangka panjang membuat Anda harus harus bersedia bersabar dalam waktu yang terbilang lama. Sebab investasi jangka panjang biasanya tidak akan dijual dalam waktu dekat, seperti investasi jangka pendek yang bisa dijual dalam waktu kurang dari satu tahun. Akan tetapi, dengan kesabaranmu akan memberikan potensi keuntungan yang didapatkan sangat tinggi.

Jenis Investasi Jangka Panjang

Terdapat banyak jenis pilihan untuk perusahaan maupun perorangan dalam menentukann jenis investasi jangka panjang yang akan dipilih. Nah berikut ini beberapa pilihan investasi jangka panjang yang bisa Anda lakukan.

1. Emas Logam Mulia
Emas perhiasan dibentuk dengan campuran logam lain seperti perak dan tembaga. Emas perhiasan biasanya hanya memiliki kemurniannya sekitar 91 persen atau dengan kadar 22 karat.

Sedangkan emas logam mulia 99,99 persen alias murni. Sehingga logam mulia lebih cocok dijadikan pilihan investasi jangka panjang karena kemurniannya yang menjadikan nilainya lebih tinggi daripada emas perhiasan.

Emas merupakan jenis investasi yang menarik dalam jangka panjang. Fluktuasi harga emas sangat dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap dolar. Selain itu harga emas juga dipengaruhi oleh tingkat inflasi. Semakin tinggi inflasi berbanding lurus dengan kenaikan harga emas.

2. Reksadana
Reksa dana merupakan salah satu wadah investasi secara kolektif dapat menjadi pilihan investasi yang tepat untuk menyimpan uang Anda. Reksadana termasuk dalam golongan investasi dengan resiko rendah, akan tetapi mempunyai potensi keuntungan yang besar.

Reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari investor untuk selanjutnya dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Reksadana memberikan keuntungan bagi investor tanpa harus selalu memonitor aktivitas perdagangan di bursa saham karena investasinya diurus oleh pengelola reksadana atau manajer investasi.

Untuk mendapatkan hasil investasi yang maksimal, Anda sebagai investor harus paham terlebih dahulu mengenai berbagai jenis reksadana. Anda dapat memilih jenis reksa dana apa yang sesuai dengan tujuan Anda dalam berinvestasi.

3. Saham
Saham merupakan surat berharga yang paling populer diantara surat berharga yang saat ini ada di pasar modal.‭ ‬Karena jika dibandingkan dengan investasi lainnya,‭ ‬saham memungkinkan pemodal untuk mendapatkan‭ high ‬return‭ ‬atau keuntungan yang lebih besar.

Selain‭ ‬high return,‭ ‬saham juga memiliki‭ ‬sifat‭ ‬high risk atau memiliki resiko yang tinggi pula. Sehingga dibutuhkan ilmu dan pengetahuan yang cukup sebelum memulai investasi saham. Tanpa memiliki dasar pengetahuan yang cukup, akan sangat sulit untuk mendapatkan keuntungan dari instrumen investasi yang satu ini.

Untuk meminimalkan resiko, langsung fokus saja pada saham-saham bluechips. Dalam jangka panjang saham-saham bluechips umumnya terus mengalami kenaikan. Selain itu, saham-saham ini sangat likuid, atau dengan kata lain saham yang mudah diperjual belikan.

Tinggalkan Komentar