Beranda Kesehatan 10 Tips Pencegahan Keracunan Makanan

10 Tips Pencegahan Keracunan Makanan

111
0

Pencegahan keracunan makanan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Hanya saja banyak orang tidak mengetahui cara yang tepat. Anda sebenarnya bisa meminimalkan terjadinya keracunan makanan dengan jalan menyiapkan, mengolah, menyajikan dan mengkonsumsi makanan sesuai dengan standar kebersihan.

Berikut ini kami sajikan tips pencegahan keracunan makanan yang bisa diterapkan di rumah:

Cuci tangan setelah memegang hewan
Bila anda memiliki hewan peliharaan di rumah, selalu pastikan anda telah mencuci tangan dengan sabun setelah memberi pakan, memegang hewan peliharaan dan membersihkan kotorannya. Dengan begitu saat anda menyiapkan atau mengolah masakan tidak ada bakteri ataupun virus yang bisa mencemari masakan yang dibuat.

Jangan makan daging setengah matang
Ada kalanya anda makan di restoran saat akhir pekan untuk sekedar menyenangkan diri bersama keluarga. Bila anda mendapati daging yang dipesan disajikan dalam keadaan setengah matang, minta pelayan untuk memasaknya lebih lanjut sampai benar-benar matang. Jangan lupa minta pelayan untuk menyajikannya di atas piring yang baru. Daging setengah matang bisa jadi masih mengandung bakteri yang belum sepenuhnya mati dalam proses pengolahannya.

Mengolah sayur dengan baik
Buah dan sayur adalah bahan makanan yang bergizi. Kandungan vitamin dan mineralnya baik untuk menutrisi tubuh dari dalam. Pastikan saja anda bisa mengolah dan menyajikan keduanya dalam keadaan bersih dari pestisida dan kotoran.

Tidak memasak ketika sakit
Mereka yang sedang mengalami sakit diare atau muntah-muntah lebih baik tidak memasak atau menyiapkan makanan untuk anggota keluarga lain. Sakit yang anda derita ini mungkin saja bisa menular pada orang-orang di sekitar anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup rentan terhadap datangnya infeksi.

Selalu cek bahan makanan
Teliti dalam berbelanja itu harus. Selalu cek tanggal kedaluwarsa dan kondisi fisik dari produk makanan kemasan dan makanan bayi yang akan anda beli. Pastikan saja bahwa produk tersebut belum berubah dari segi bentuk, warna dan bau. Bila produk kemasan yang anda beli berjamur, berbuih, berwarna kecoklatan dan menimbulkan bau tak sedap lebih baik dibuang saja.

Cuci tangan sebelum dan sesudah memasak
Cuci tangan terlebih dahulu saat anda akan mengolah bahan makanan yang dari produk hewani seperti daging unggas, daging sapi ataupun daging ayam. Setelah selesai mengolah bahan makanan tersebut, anda kembali harus mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun.

Ajarkan anak cuci tangan
Bila ada anak-anak di dalam lingkungan keluarga anda, pastikan mereka selalu mencuci bersih tangan dengan menggunakan sabun secara rutin. Hal ini bisa menghidari tersebarnya infeksi di dalam rumah.

Hati-hati dengan makanan yang tidak matang
Ada beberapa penyajian makanan dan minuman yang tak boleh anda konsumsi. Diantaranya adalah telur mentah atau telur setengah matang, susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi, dan air yang tidak melewati proses sterilisasi.

Simpan daging dan syur secara terpisah
Selalu waspada dengan kontaminasi silang yang mungkin terjadi di lemari pendingin anda. Pastikan bahwa produk hewani bisa disimpan berjauhan dengan buah, sayur dan minuman.

Gunakan telenan yang bersih
Waspadai pula kontaminasi silang di dapur. Anda bisa menggunakan telenan yang tidak terbuat dari kayu sehingga lebih mudah untuk dicuci. Pakai telenan yang berbeda saat anda ingin memotong produk hewani dengan bahan makanan lainnya. Dengan membersihkan peralatan dapur, meja dan telenan menggunakan air panas dan sabun anda telah melakukan pencegahan keracunan makanan yang tepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini