spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

10 Nama Tarian Dan Asal Daerahnya Beserta Gambar, Sudahkah Kau Tahu?

Indonesia memiliki aneka macam kesenian berupa tarian tradisional yang hinga sekarang terus dilestarikan, dan berikut 10 nama tarian dan asal wilayahnya

Bagi sebagian orang, tak susah menyebutkan 10 nama tarian dan asal daerahnya sebab popularitasnya. Misalnya, tari kecak dari Bali, tari Saman dari Aceh dan masih banyak lagi.

Banyaknya suku yang tersebar dari Sabang hingga Merauke di Indonesia tentu melahirkan beragam etika dan kebudayaan, dan salah satunya adalah tari tradisional.

Soedarsono menjelaskan bahwa secara bahwa tari tradisional yakni semua tarian yang sudah mengalami perjalanan sejarahyang cukup panjang dan senantiasa bertumpu pada pola-pola tradisi yang ada.

Baca Juga Nama-nama Tarian Daerah Beserta Asalnya

Nama Tari Tradisional yang Berasal 37 Provinsi di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke!

Tarian kawasan yakni hasil mulut keinginan insan atas keindahn latarbelakang dan sistem budaya masyarakat yang memiliki kesenian tersebut. Pada sebuah tari trdisional terkandung wawasan, gagasan, iktikad, nilai dan norma.

10 Nama Tarian dan Asal Daerahnya Beserta Gambar

Langung saja yuk simak daftar 10 nama tarian dan asal wilayahnya yang paling populer berikut ini:

10 Nama Tarian Daerah dari Seluruh Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui, Lengkap dengan Asalnya

10 Nama Tarian dan Asal Daerah - Tari Kecak
Tari Kecak

Tari Kecak dari Bali

Daftar pertama dari 10 nama tarian dan asal daerahnya adalah tari Kecak. Berasal dari Bali, nama tari kecak berasal dari kata ‘cak’, di mana tarian ini mengolah vokal menjadi sebuah irama dengan aura enerjik pada seiap penarinya.

Tari Kecak diciptakan oleh Wayan Limbak, seorang seniman Bali dan orang Jerman yang berjulukan Walter Spies pada tahun 1930.

Tari Kecak terinspirasi dari suatu ritual pemanggilan roh para leluhur, yakni ritual sanghyang yang ada dalam kisah Ramayana. Ritual Sanghyang juga merupakan cara berkomunikasi terhadap Sang Hyang Widhi untuk menyampaikan impian terhadap masyarakat.

10 Nama Tarian dan Asal Daerah - Tari Saman
Tari Saman

Tari Saman dari Aceh

Tari Saman dari suku Gayo yakni salah satu dari 10 nama tarian dan asal wilayahnya yang paling popule. Sebab, tarian ini memperlihatkan gerak tangan yang berulang-ulang, kompak dan nampak sungguh indah.

Beberapa literatur menyebut bahwa tari Saman ini didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman,seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tengga-ra. Tari saman ditetapkan UNESCO selaku Daftar Rep-resentatif Budaya Takbenda Warisan Manusia.

Dan tahukah kau, dalam 10 nama tarian dan asal daerahnya, tari saman adalah salah satu media untuk memberikan dakwah. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, adab, kepahlawanan,kekompakan serta kebersamaan.

10 Nama Tarian dan Asal Daerah - Tari Jaipong

Tari Jaipong dari Jawa Barat

Awalnya tari ini merupakan tari hiburan bagi rakyat biasa. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tari Jaipong sekarang disebut masuk sebagai jenis kesenian tari tersendiri.

100 Nama Tari Daerah di Indonesia Lengkap dengan Asalnya yang Perlu Kamu Ketahui

Gerakan tari Jaipong dianggap menggambarkan karakteristik perempuan Sunda era kini. Misalnya, gerakan Cinges yakni tubuh dan kaki yang gesit seperti perempuan dalam menghadapi banyak sekali tantangan kehidupan. Ada pula gerakan galeong yang umumnya diiringi dengan senyum genit selaku penggambaran huruf perempuan yang kenes dan centil.

10 Nama Tarian dan Asal Daerah - Tari Pendet

Tari Pendet dari Bali

Dalam 10 nama tarian dan asal daeranya, tari Pendet dari Bali tergolong dalam jenis tarian yang sederhana. Seni pentasini mengalami pertumbuhan yang pesat selama dua dekade terakhir, melahirkan pendet baru dengan bentuk, isi, dan tata penyajian serta fungsi yang berlawanan.

Zaman dulu, tari Pendet ialah tarian Pura yang berfusngi untuk memuja tuhan-dewi yang berdiam dalam Pura selama upacara odalan berjalan. Namun seiring waktu dan pertumbuhan keperluan hiburan, Pendet beralih fungsi menjadi tari hiburan atau tari penyambutan.

Tari Piring dari Minangkabau

Dalam bahasaMinangkauab, tari Piring disebut dengan Tari Piriang. Seperti namanya dalam 10 nama tarian dan asal daerahnya, tari Piring menggunakan dimainkan dengan menggunakan priing selaku media khususnya.

Piring terebut lalu diayun dengan gerakan yang cepat dan terstruktur dan tanpa terlepas dari genggaman tangan.

10 Nama Tarian dan Asal Daerah - Tari Tor Tor

Tari Tortor dari Sumatera Utara

Tak cuma sekedar tarian, namun gerakan tari Tortor ini merupakan sebuah media komunikasi. Sebab, lewat media gerakan yang dihidangkan lalu terbentuk interaksi antar partisipan upacara.

Tari Tortor ialah seni tari dengan menggerakkan seluruh tubuh dengan dituntun irama Gondang, dengan sentra gerakan pada tangan dan jari, kaki dan telapak kaki, punggung serta bahu. Tarian ini punya prinsip semangat kebersamaan, rasa persaudaraan, atau solidaritas untuk kepentingan bareng .

10 Nama Tarian dan Asal Daerah - Reog Ponorogo

Tari Reog Ponorogo

Adalah salah dari 10 nama tarian dan daerah asalnya yang paling populer, bahkan hingga hampir diklaim oleh Malaysia lho! Tarian ini diaktualisasikan dalam bentuk tarian massal dengan bermacam-macam komponen di dalamnya seperti musik, tari dan juga drama.

Reog Ponorogo ditarikan secara berkelompok dengan peran pemimpin rombongan (warok), penari tokoh raksasa (barongan), penari topeng (ganongan), penari kuda (jathil), penari klana, dan penabuh alat-alat gamelan (gong, kenong, slompret kayu, kendhang, dan angklung)

10 Nama Tarian dan Asal Daerah - Tari Topeng

Tari Topeng dari Cirebon

Seperti namanya, tari ini ditampilkan dengan mengenakan topeng. Kisahnya berkisar dari kisah Ramayana dan Mahabarata. Tari Topeng Cirebonan ternyata salah satu seni yang berisi hiburan juga mengandung simbol-simbol yang melambangkan aneka macam aspek kehidupan mirip nilai kepemimpinan, kebijaksanaan, cinta bahkan angkara murka serta menggambarkan perjalanan hidup manusia.

10 Nama Tarian dan Asal Daerah - Tari Zapin

Tari Zapin dari Riau

Diantara 10 nama tarian dan asal wilayahnya, tari Zapin ialah kesenian bernuansakan keIslaman dan memiliki kaitan yang sangat dekat dengan penyebaran Islam ke pesisir nusantara.

10 Nama Tarian dan Asal Daerah - Tari Papatai

Tari Papatai dari kalimantan Timur

Ini yakni bentuk pertahanan diri suatu suku, salah satunya suku Dayak kenyah di Kalimantan Timur yang dikema menjadi suatu tarian. Makanya, tarian ini berkisah perihal satria suku Dayak dalam menghadapi musuhnya.

Nah diantara 10 nama tarian dan asal wilayahnya di atas, mana yang pernah kamu saksikan?

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles