spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Jenis-Jenis Dan Faedah Sungai Di Kehidupan Sehari-Hari

Cafeberita.com – Bagian bumi yang berupa air dan zat-zat lain yang larut di dalamnya disebut hidrosfer. Berdasarkan letaknya , air di bumi sanggup dibedakan menjadi air di permukaan dan air di bawah permukaan. Air yang berada di permukaan ada yang berada di daratan dan ada yang bukan daratan. Air permukaan yang ialah bab daratan misalnya sungai dan danau. Pada potensi ini , edutafsi akan membahas mengenai pemahaman sungai , jenis-jenis sungai menurut asal air , menurut besar alirannya , jenis sungai menurut arah aliran airnya , serta faedah sungai bagi kehidupan manusia.

A. Pengertian dan Bagian-bagian Sungai

Sungai yakni alur panjang yang berada di atas permukaan bumi yang berfungsi memuat dan mengalirkan air hujan atau mata air dari suatu tempat ke sempurna lainnya. Air sungai mengalir ke bab yang lebih rendah dan lazimnya dialirkan ke danau atau laut.

Salah satu ciri khas dari sungai yang membedakannya dengan danau atau rawa yakni bentuk serta alirannya yang panjang. Sungai lazimnya tidak mengalir secara lurus melainkan berkelok-kelok melintasi lembah yang berliku-liku.

Dalam pembahasan mengenai sungai , dipahami suatu ungkapan yakni DAS yang ialah abreviasi dari daerah aliran sungai. Daerah aliran sungai yakni suatu tata cara sungai yang berfungsi mendapatkan , menyimpan , dan mengalirkan kembali air hujan yang jatuh di atasnya lewat suatu sungai atau bareng dengan anak sungainya.

Berdasarkan profil memanjangnya , daerah sungai sanggup dibedakan menjadi tiga bab , yaitu:
1). Bagian Hulu
2). Bagian Tengah
3). Bagian Hilir

Bagian hulu sungai yakni bab sungai yang letaknya relatif lebih tinggi. Pada bab ini , arus air condong deras dan besar kemungkinan terjadi abrasi vertikal. Pada daerah hulu juga jarang didapatkan endapan.

Bagian tengah sungai ialah bab yang letaknya condong lebih landai dibandingkan bab hulu. Pada bab ini , arus airnya telah mulai agak lambat dan sanggup didapatkan endapan. Di bab tengah sungai sanggup terjadi abrasi vertikal dan abrasi horizontal.

Bagian hilir yakni bab sungai yang letaknya relatif lebih rendah dibanding bab tengah. Pada bab hilir , arus airnya relatif tenang. Di daerah ini biasanya terjadi endapan lumpur dan material yang lain yang dibawa dari daerah hulu.

Penggolongan atau penjabaran sungai sanggup dijalankan menurut beberapa faktor pembanding , misalnya menurut asal airnya , menurut besar kecilnya aliran air , dan menurut arah alirannya dikala menuruni lereng.

B. Jenis Sungai Berdasarkan Asal Airnya

Berdasarkan asal airnya , sungai sanggup dibedakan menjadi tiga jenis , yakni sungai hujan , sungai salju atau gletser , dan sungai campuran.

#1 Sungai Hujan
Sungai hujan yakni jenis sungai yang airnya berasal dari air hujan dan mata air. Air sungai ini biasanya mengalir ke lereng-lereng selaku sungai kecil. Sebagian besar sungai di Indonesia tergolong sungai hujan. Contohnya sungai Bengawan Solo dan sungai Brantas.

#2 Sungai Salju
Sungai salju yakni sungai yang airnya berasal dari salju atau gletser yang mencair. Sungai seumpama ini biasanya berada di lereng gunung yang bersalju atau di negara yang beriklim dingin. Contoh sungai Lagen di Norwegia.

#1 Sungai Campuran
Sungai Campuran yakni sungai yang airnya berasal dari air hujan dan saljur atau gletser yang mencair. Contohnya sungai Digul dan sungai Mamberamo.

C. Tipe Sungai Berdasarkan Besar Kecil Aliran Air

Berdasarkan besar kecilnya aliran air , sungai sanggup dibedakan menjadi tiga jenis , yakni sungai tetap (permanen) , sungai tidak tetap (periodik) , dan sungai musiman (episodik).

#1 Sungai Permanen
Sesuai dengan namanya , sungai permanen yakni tipe sungai yang airnya tetap mengalir sepanjang tahun. Air sungai ini berasal dari sungai gabungan dan tidak dipengaruhi oleh musim. Contohnya sungai Mamberamo , Irian.

#2 Sungai Periodik
Sungai periodik atau sungai aliran tidak tetap yakni sungai yang aliran airnya banyak dan deras pada ekspresi dominan hujan , tetapi menyusut pada ekspresi dominan kemarau. Pada ekspresi dominan hujan sanggup membuat banjir sementara ekspresi dominan kemarau airnya condong sungguh sedikit. Contoh sungai Bengawan Solo.

#1 Sungai Episodik
Sungai episodik atau sungai aliran musiman agak sama dengan sungai periodik , yakni memiliki aliran air yang deras dan banyak pada ekspresi dominan hujan akan tetapi pada ekspresi dominan kemarau , air sungai ini selalu kering. Contohnya sungai Melolo , Busa Tenggara Timur.

D. Macam-macam Sungai Berdasarkan Arah Aliran

Berdasarkan arah aliran menuruni lereng , sungai sanggup dibedakan menjadi empat jenis , yakni sungai konsekuen , sungai subsekuen , sungai obsekuen , dan sungai resekuen.

#1 Sungai Konsekuen
Sungai konsekuen yakni sungai utama yang arah alirannya sesuai dengan arah kemiringan lereng daratan.

#2 Sungai Subsekuen
Sungai subsekuen yakni anak sungai konsekuen yang arah alirannya tegak lurus dengan sungai utama.

#3 Sungai Obsekuen
Anak sungai subsekuen yang arah alirannya bertentangan arah dengan arah aliran sungai konsekuen disebut sungai obsekuen.

Jenis-jenis sungai menurut asal airnya

#4 Sungai Resekuen
Sungai resekuen yakni anak sungai subsekuen yang arah alirannya sejajar atau searah dengan sungai utama atau sungai konsekuen.

Baca juga : Syarat-syarat terjadinya Proses Sosial.

E. Manfaat Sungai dalam Kehidupan Sehari-hari

Keberadaan sungai menjadi salah satu berkah bagi kehidupan manusia. Daerah erat sungai biasanya menjadi salah satu lokasi pemukiman alasannya selain selaku sumber air , sungai kebanyakan menjadi sentra mata pencaharian masyarakat.

Dalam kehidupan sehari-hari , sungai dimanfaatkan untuk aneka macam kebutuhan , yaitu:
1). Sebagai penghubung atau media transportasi air
2). Sebagai sumber air untuk mandi dan mencuci
3). Untuk pengairan (irigasi)
4). Sebagai sumber ikan dan materi baku air minum
5). Untuk pembangkit listrik tenaga air
6). Sebagai penghasil materi bangunan seumpama pasir dan kerikil.

Demikian pembahasan mengenai pemahaman , macam-macam , dan faedah sungai dalam kehidupan sehari-hari yang sanggup edutafsi bagikan. Semoga berharga untuk proses pembelajaran. Jika konten yang anda baca berharga , bantu kami membagikannya terhadap teman-teman anda lewat tombol share yang tersedia. Terimakasih.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog perihal materi belajar. Gunakan suguhan atau pencarian untuk mendapatkan materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang! Pengunduh Video Online Gratis : https://r.cafe/

Popular Articles