spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Mengapa Kilat Terlihat Lebih Dahulu Sebelum Terdengar Petir?

Cafeberita.com – Hai sobat Tafsi , mengatakan mengenai fenomena alam , pasti Anda sudah tidak abnormal lagi dengan yang namanya petir atau guntur. Fenomena yang biasanya terjadi sebelum atau di saat hujan itu mungkin terbiasa buat kita semua. Tapi , pernah gak sih Kalian mengajukan pertanyaan dalam pikiran kalian , mengapa sesaat sebelum bunyi petir bergemuruh biasanya akan terlihat kilatan cahaya apalagi dahulu?

Bagi sebagian orang , kilatan cahaya ini lazimnya menjadi membuktikan akan hadirnya petir sehingga sanggup berkemas-kemas untuk melakukan apa yang perlu dilakukan.

Fenomena terlihatnya kilatan cahaya sesaat sebelum terdengar petir sanggup diterangkan menurut rancangan kecepatan , lebih tepatnya cepat rambat gelombang.

Jika dilihat menurut jenisnya , kilat ialah gelombang cahaya sementara bunyi petir ialah gelombang bunyi.

Dalam bidang studi fisika sudah diterangkan bahwa cahaya memiliki cepat rambat yang lebih besar dibanding cepat rambat bunyi.

Kecepatan cahaya bahkan ialah salah satu kecepatan yang terbesar di dunia ini.

Cahaya sanggup merambat di udara dengan kecepatan konstan sebesar 3 x 108 m/s sementara cepat rambat bunyi di udara lebih kurang yakni 340 m/s.

Jika dibandingkan , pasti cepat rambat cahaya jauh lebih besar.

Nah , perbedaan cepat rambat inilah yang membuat kilat dan guruh petir hingga ke pengamat dalam waktu yang berlawanan walaupun keduanya terjadi secara serempak dan bergerak dari sumber yang sama.

Karena cepat rambat cahaya lebih besar ketimbang cepat rambat bunyi , maka cahaya kilat terlihat lebih dahulu sessat sebelum bunyi petir terdengar.

Dengan kata lain , cahaya kilat tiba lebih dahulu di titik pengamat sehingga teramati lebih dahulu dibanding bunyi petir.

Jadi , kilat terlihat lebih dahulu sebelum terdengar bunyi petir lantaran cepat rambat cahaya kilat jauh lebih besar dibanding cepat rambat bunyi petir.

Dengan kata lain , kilat merambat lebih singkat dibanding bunyi petir.

Kilat dan petir lazimnya senantiasa tiba beriringan , akan tapi jeda waktu antara kilat dan bunyi petir sanggup dibilang sungguh cepat yakni cuma dalam hitungan beberapa detik saja.

Itu sebabnya , di saat kilat mulai terlihat , kita sanggup menebak bahwa tak usang sehabis itu akan terdengar gemuruh petir.

Baca juga : Kemana Perginya Bulan di Siang Hari?

Menghitung Jarak Sumber Petir

Perbedaan cepat rambat antara kilat dan bunyi petir sanggup dimanfaatkan untuk menyeleksi jarak antara sumber petir dengan pengamat.

Konsep yang digunakan cukup sederhana yakni menurut hubungan antara kecepatan , jarak , dan waktu dalam rancangan cepat rambat bunyi.

Secara matematis , cepat rambat bunyi sanggup didefenisikan selaku hasil bagi antara jarak sumber bunyi ke pendengar dengan selang waktu yang dibutuhkan bunyi untuk merambat.

Berdasarkan defenisi tersebut , maka jarak sumber bunyi ke pengamat (pendengar) sanggup diputuskan dengan rumus berikut ini:

s = v . t

Keterangan :
s = jarak sumber bunyi ke pendengar (m)
v = cepat rambat bunyi (m/s)
t = waktu rambat bunyi (s).

Nah , menurut rumus di atas , kita sanggup memperkirakan jarak sumber petir dari lokasi kita mendengarkannya. Untuk lebih jelasnya , amati pola di bawah ini.

Contoh :
Ketika hujan , seorang anak mendengar bunyi petir 1 ,5 detik sehabis Ia menyaksikan kilatan cahaya. Jika cepat rambat bunyi di kawasan tersebut 340 m/s dan kecepatan cahaya 3 x 108 m/s , maka perkirakanlah jara sumer petir ke kawasan anak itu berada!

Pembahasan :
Dik : v = 340 m/s , c = 3 x 108 m/s , t = 1 ,5 s
Dit : s = …. ?

Pada soal ini dipahami dua nilai kecepatan yakni kecepatan bunyi dan kecepatan cahaya. Perhatikan bahwa nilai yang mau digunakan dalam perkiraan yakni kecepatan bunyi.

Kecepatan cahaya pada soal cuma untuk mengecoh.

Berdasarkan rumus cepat rambat bunyi :
⇒ s = v . t
⇒ s = 340 m/s . 1 ,5 s
⇒ s = 510 m

Jadi , jarak antara sumber petir dengan anak tersebut diperkirakan sebesar 510 meter.

Kenapa ada kilat sebelum petir

Demikian klarifikasi singkat mengenai kilat dan petir yang sanggup edutafsi bagikan.

Sekarang Sobat Tafsi sudah tahu kan mengapa sebelum terdengar petir kita menyaksikan kilatan cahaya apalagi dahulu?

Jadi , hal itu terjadi akhir perbedaan cepat rambat bunyi dan cahaya.

Beberapa Poin penting :
1). Kilat ialah gelombang cahaya
2). Guruh petir ialah gelombang bunyi
3). Cepat rambat kilat lebih besar dari cepat rambat petir.

Jika Sobat Tafsi merasa pembahasan singkat ini berfaedah , jangan lupa bantu edutafsi ya membagikannya terhadap teman-teman Kalian , biar keuntungannya tidak berhenti cuma pada Kalian saja. Terimakasih.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog tentang materi belajar. Gunakan Kolom Search atau pencarian untuk menerima materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles