spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Hubungan Besar Lengan Berkuasa Medan Gravitasi Dengan Gaya Gravitasi

Medan gravitasi yaitu daerah yang masih dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Artinya , jikalau suatu benda ditaruh di daerah medan gravitasi , maka benda tersebut akan mengalami gaya gravitasi. Dengan kata lain , jikalau dua buah massa terpisah pada jarak tertentu yang masih berada di daerah medan gravitasi , maka kedua massa akan saling tarik menarik. Kuat medan gravitasi sering juga disebut selaku percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi akrab kaitannya dengan gaya berat. Karena gaya berat yaitu nama lain dari gaya gravitasi , itu artinya gaya gravitasi dan mempunyai dampak medan gravitasi mempunyai hubungan. Pada peluang ini , Bahan berguru sekolah akan membahas kekerabatan antara mempunyai dampak medan gravitasi dan gaya gravitasi.

Kuat Medan Gravitasi

Kuat medan gravitasi yaitu nilai yang menyatakan kuatnya pesona yang dihasilkan oleh suatu massa atau planet terhadap benda lain di sekitarnya. Kuat medan gravitasi memunculkan benda yang berada di sekitarnya mengalami gaya gravitasi. Di bumi , gravitasi inilah yang memunculkan buah jatuh dari pohonnya atau kembalinya benda ke tanah sehabis dilempar ke atas.

Secara sederhana , mempunyai dampak medan gravitasi sanggup diartikan selaku besarnya gaya gravitasi yang melakukan pekerjaan tiap satuan massa. Sebuah planet bermassa M dan berjari-jari R akan mempunyai mempunyai dampak medan gravitasi di permukaannya sebesar:

g = G M
R2

Keterangan :
g = mempunyai dampak medan gravitasi (N/kg atau m/s2)
G = tetapan lazim gravitasi = 6 ,672 x 10-11 N m2/kg2
M = massa planet (kg)
R = jari-jari planet (m).

SUBTOPIK

  • Pengaruh Ketinggian dan Posisi Benda Terhadap Gaya Gravitasi
  • Hubungan Percepatan Gravitasi dengan Gaya Gravitasi
  • Dimana Benda ditaruh Agar Tidak Mengalami Gravitasi?

Dari rumus di atas sanggup kita lihat bahwa mempunyai dampak medan gravitasi di permukaan palnet berbanding lurus dengan massa planet dan berbanding terbalik dengan kuadrat jari-jari planet tersebut. Artinya , dengan jari-jari yang serupa , makin besar massa planet maka akan makin besar mempunyai dampak medan gravitasinya.

Kuat medan gravitasi yang dialami oleh setiap benda yang berada di permukaan suatu planet yaitu sama besar. Artinya , suatu planet akan menampilkan mempunyai dampak medan gravitasi yang serupa besar terhadap setiap benda. Jika mempunyai dampak medan gravitasinya sebesar g , maka semua benda mengalami mempunyai dampak medan gravitasi sebesar g.

Karena mengalami percepatan gravitasi yang serupa , saat dua benda dijatuhkan dari ketinggian yang serupa , maka kedua benda tersebut akan datang di tanah secara bersamaan. Pada beberapa kasus , dua benda mungkin tidak datang secara serentak lantaran ada dampak tabrakan udara.

Kuat medan gravitasi yang dialami oleh suatu benda yang berada pada ketinggian tertentu di atas permukaan planet berlawanan dengan mempunyai dampak medan gravitasi di permukaan. Semakin tinggi posisi benda di atas permukaan maka akan makin kecil percepatan gravitasi yang dialaminya.

Contoh Soal :
Hitunglah percepatan gravitasi di permukaan bumi jikalau massa bumi yaitu 5 ,98 x 1024 kg dan jari-jari bumi yaitu 6 ,38 x 106 m.

Pembahasan :
Dik : M = 5 ,98 x 1024 kg , R = 6 ,38 x 106 m ,  G = 6 ,672 x 10-11 N m2/kg2

Percepatan gravitasi di permukaan bumi:
⇒ g = G M/R2
⇒ g = 6 ,672 x 10-11 (5 ,98 x 1024)/(6 ,38 x 106)2
⇒ g = 39 ,9 x 1013 / 40 ,7 x 1012
⇒ g = 9 ,8 m/s2

Jadi , mempunyai dampak medan gravitasi atau percepatan gravitasi di permukaan bumi yaitu 9 ,8 m/s2 atau lazimnya dalam soal sering dibulatkan 10 m/s2.

Rumus Gaya Gravitasi 

Untuk menyaksikan kekerabatan antara mempunyai dampak medan gravitasi dengan gaya gravitasi , ada baiknya kita menyaksikan rumus gaya gravitasi. Gaya gravitasi yaitu gaya tarik menawan antara dua massa yang terpisah pada jarak tertentu. Besar gaya gravitasi yang dialami oleh dua benda berbanding lurus dengan hasil kali massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak.

Hubungan gaya berat dan percepatan gravitasi

Jika dua bua benda bermassa M dan m terpisah pada jarak R , maka gaya gravitasi antara kedua benda tersebut sanggup dijumlah dengan rumus berikut:

F = G M . m
R2

Keterangan :
F = gaya gravitasi atau gaya berat (N)
G = tetapan lazim gravitasi (N m2/kg2)
M = massa benda pertama , massa yang lebih besar (kg)
m = massa benda kedua , yang lebih kecil (kg)
R = jarak antara kedua massa dijumlah dari sentra massa (m).

Hubungan Kuat Medan Gravitasi dan Gaya Gravitasi

Dari kedua rumus yang sudah kita diskusikan di atas , sanggup kita lihat kekerabatan antara mempunyai dampak medan gravitasi dengan gaya gravitasi. Gaya gravitasi yang dialami oleh benda bermassa m akhir benda bermassa M akan sama dengan mempunyai dampak medan gravitasi benda M dikali dengan massa benda m.

Gaya gravitasi yang dialami benda bermassa m akhir benda bermassa M:

⇒ F = G M . m
R2
⇒ F = m. G M
R2

⇒ F = m . g

Keterangan :
F = gaya gravitasi yang dialami oleh benda bermassa m (N)
m = massa benda m (kg)
g = mempunyai dampak medan gravitasi di permukaan benda bermassa M (N/kg).

Dari rumus di atas terang terlihat kekerabatan antara mempunyai dampak medan gravitasi dan gaya gravitasi. Gaya gravitasi yang dialami oleh suatu benda akan sama dengan hasil kali massa dengan mempunyai dampak medan gravitasi di tempat benda berada.

Itu artinya , mempunyai dampak medan gravitasi berbanding lurus dengan gaya gravitasi. Semakin besar mempunyai dampak medan gravitasi di tempat benda berada , maka akan makin besar gaya gravitasi yang dialami oleh benda tersebut. Sebaliknya , makin kecil mempunyai dampak medan gravitasinya maka makin kecil pula gaya gravitasinya.

Hubungan ini mungkin akan lebih gampang dimengerti jikalau kita memunculkan gaya gravitasi selaku gaya berat atau berat benda sedangkan mempunyai dampak medan gravitasi selaku percepatan gravitasi. Hubungan antara berat benda dan percepatan gravitasi adalah:
⇒ W = m . g

Keterangan :
W = berat benda (N)
m = massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi (m/s2).

Dengan menyaksikan gaya gravitasi selaku gaya berat atau berat benda , maka pembahasan tentang gaya gravitasi dan mempunyai dampak medan gravitasi akan lebih gampang dimengerti alasannya yaitu relevansinya akan terlihat lebih jelas.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yaitu blog tentang materi belajar. Gunakan hidangan atau pencarian untuk mendapatkan materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang! Pengunduh Video Online Gratis : https://r.cafe/

Popular Articles